Oemah Cengloe

Apa yang kamu dapetin pelajaran sejarah? Jawabannya mungkin bakal banyak banget. Tapi, jawaban itu pasti gampang ketebaknya. Soalnya jawabanya paling sekitaran; tahun perang ini, kemenangan perang itu, kapan Jepang menduduki Hindia Belanda, kapan VOC berdiri, ato malah berbagai tahun-tahun kejadian plus tokoh-tokohnya. Ah, kalo jawaban kayak itu sih yang dikasih, berarti cara ngajar guru dan belajar sejarah Kita itu udah usang.

Sebagai generasi muda, Kita, emang dituntut buat belajar sejarah bangsa ini. Tapi, jelas bukan cuman ndengerin guru yang dengan asiknya ngecebres di depan kelas, ato malah ngerjain tugas-tugas di LKS. Namun, lebih dengan bertanya dan memandang pake “lensa-lensa rontgen” gimana sejarah bangsa Kita sesunggguhnya. Jadi, Kita lebih bisa nganggep sejarah itu jadi suatu materi belajar yang menarik dan asik, serta lebih bisa nyentuh kehidupan sekarang ini. Dan, yang paling penting, sejarah nggak lagi jadi beban hafalan ini-itu, yang njadiin Kita ngantuk, melainkan jadi suatu film, drama, roman, komedi, ato tragedi yang memukau sekaligus penuh hikmah.

Ngomong-ngomong soal sejarah, Kita pasti tau donk Harkitnas. Ya, Hari Kebangkitan Nasional yang dirayain tiap 20 Mei. Selama ini, Kita cuma tau kalo Harkitnas itu diadain buat ngerayain hari lahir Boedi Oetomo (BO). Tapi emang sesempit itu ya makna Harkitnas? Mungkin iya, mungkin juga nggak. Nyatanya, sekarang Harkitnas mulai menuai gugatan.

Harkitnas sendiri, berawal dari keresahan RM Suwardi Suryaningrat yang ngeliat persatuan Indonesia yang terus-terusan dibombardir sama perpecahan di sana-sini. Ceritanya, KI Hajar Dewantoro itu langsung curhat sama pemerintah. Ternyata Soekarno juga ngerasain hal yang sama. Waktu itu taun 1948.

Maka, dibuatlah semacam kepanitiaan yang dipimpin langsung sama KI Hajar Dewantoro. Tugasnya sih nggak susah, cuma nyari-nyari momen yang pas, yang bisa jadi pelecut semangat persatuan bangsa. Tanggal demi tanggal dipilih. Hari demi hari juga dicari. Ketemu! Tanggal 20 Mei. Hari dimana Tjipto Mangoenkoesoemo mbentuk BO.

Singkat kata, perayaan Harkitnas buat kali pertama dilaksanain. Saat itu tanggal 20 Mei 1948. Di perayaan itu, Bung Karno sempet berpidato. Malah dalam pidatonya Bung Karno sempet ngasih himbauan agar tanggal Harkitnas itu kelak ditinjau ulang. Sebuah himbauan yang kayaknya nggak banyak orang bisa inget.

Sekarang, udah 61 taun sejak Kita ngerayain gegap gempita Harkitnas ke-1. Tapi, kayak diomongin di depan tadi, tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional malah digugat. Jadi kontroversial. Gugatannya sih sederhana, tapi emang mendasar banget; tepat nggak sih Harkitnas itu jatuh pada tanggal 20 Mei? Nggak gampang njawab pertanyaan kayak gini. Ada yang njawab iya, ada juga yang nggak. Pedebatan pun nggak bisa dihindari.

Pihak yang kontra sama 20 Mei, nganggep Harkitnas iitu harusnya dirayain tanggal 16 Oktober. Hari lahirnya Sarekat Islam (SI). Alasannya gampang aja, SI itu yang sebenernya duluan nyuarain plus punya cita-cita Indonesia merdeka. Lebih nasionalis. Dan nggak milah-milih suku. Nggak kayak BO yang jawa banget dan anti-islam. Yah, meski harus diakui juga, SI itu kental sama sentiment keagamaan. Sampe sekarang perdebatan ini belum juga rampung.

Meski gitu, Kita nggak perlu terheran-heran sama perdebatan macam itu. Apalagi sampe melongo segala. Bukannya berdebat soal kebenaran itu hal wajar. Seperti kata Atmakusumah, pegiat pers Indonesia, “nggak ada kebenaran 100%”.Gitu juga soal sejarah. Sebuah produk kebudayaan yang bisa dibuat sama siapa aja. Baik itu pemerintah, orang tua, guru, pacar, ato malah diri Kita sendiri. Caranya emang beda-beda, tapi tujuannya sama aja; mempertahanin pengaruh sekaligus nunjukin seberapa hebatnya Kita. Meski semu itu bisa berbuah penyelewengan fakta sejarah. Kayak yang banyak tercetak dibuku sejarah.

Cuma dalam obrolan ini, persoalan tanggal bukan jadi pokok permbicaraan. Sebab persoalan tanggal bisa aja cuma bermertamorfosis jadi perayaan agung yang (lebih banyak) tanpa makna. Kosong mlompong. Ya, sekedar upacara doank!

Obrolan Kita lebih dari itu. Malah jauh melebihi itu. Kita belajar “membaca” sejarah, biar Kita tau, biar Kita juga ikutan ngerasain gimana semangat anak-anak bangsa yang saat itu umurnya baru 15-18 taun, tapi udah bisa mimpin organisasi yang ditakutin sama penjajah. Dan tentu aja, mereka itu udah berpikir soal bangsa dan kemerdekaan. Kalo nggak percaya, liat perjuangan Soekarno, Semaoen, Moh. Natsir, dan Tirto Adhi Soerjo.

Mungkin emang bener, tiap generasi punya zaman dan sejarahnya sendiri-sendiri. Gitu juga dengan generasi sekarang ini. Tapi, sejarah macam apa yang bakal tercipta dari generasi era millennium ini? Mau jadi generasi pecinta kemanusiaan kah? Generasi yang punya super-ego individualistik tinggi kah? Generasi peminta-minta kah? Atau malah jadi generasi yang cuma bisa sibuk bergelut dalam olimpiade berbagai mata pelajaran? *immo*

Categories:

Leave a Reply