Oemah Cengloe

Ngomongin budaya, biasanya cuma seputaran "budaya kita yang wajib dijaga agar nggak dicuri bangsa lain". Nah, ayo kita coba cari sensasi lain. Kita kuak budaya yang ada di sekolah.

Ayo kita telanjangi satu demi satu (hwa!). Let's go....

Pertama yang bakal kita bedah, budaya menyontek. Mulai dari bikin prasasti di meja, bikin tato, bikin coretan di kertas atau hape, sampai aksi tengak-tengok. Itu beberapa bentuk budaya menyontek.

Budaya yang satu ini, bener-bener jadi soulmate-nya siswa. Meski dibenci, dinistakan, dan dilaknat. Toh, masih ada aja yang ngerasa hampa tanpa menyontek. Yah. Nyontek udah mendarah daging dalam kehidupan sekolah siswa.

Selanjutnya, budaya 3S alias senyum, sapa dan salam. Slogan ini emang lekat sama Smansabozz, tapi kok kayaknya slogan "resmi" itu hanya berlaku cuma pas MOS saja. Itupun karena tuntutan dari senior, bukan kesadaran. Kebanyakan kayak gitu.

Praktiknya, selama kurang lebih delapan jam di sekolah, jarang banget kan kita temui penerapan 3S itu. Padahal, senyum saja udah enak dipandang mata. 3S berlaku buat sesama yang kenal doank. Hmm.

Nah, ada lagi nih, budaya TP-TP. Budaya tebar pesona. Kalau budaya ini, lebih sering dipakai senior pas ada juniornya. Tapi, kadang ada juga yang sebaliknya. Malah, nggak sedikit kok. Biasanya, yang ngelakuin TP-TP ya orang yang butuh eksistensi.

Budaya "say-hello-nggak-etis-banget". Mudeng nggak? Begini. Kan kadang kalau ada kelas yang kosong, pasti ada aja anak yang berkeliaran. Nah, mereka itu sering say hello sama anak-anak yang lagi serius belajar.

Meski say hello-nya itu nggak penting banget, anak di dalam kelas, biasanya jadi ikutan geli sendiri, ndengerin kata-kata anak-anak kelas lain itu.

Yang terakhir, budaya nge-gank. Belakangan, banyak banget genk-genk bermunculan di sekolah. Malah kebanyakan, genk cewek. Genk itu isinya cuma narsis bin alay mulu. Banyak orang yang menilai, membikin genk malah kayak lagi anti sama sosialisasi sama orang luas.

Hm, mungkin itu budaya yang ada di sekolah. Tapi semua itu versiku loh. Sebenernya masih ada banyak, tapi itu dulu lah. Silahkan memilih mana yang mau dilestarikan dan disingkirkan.

Dan semua itu bisa dimulai dari 3M. Mulai dari diri sendiri, mulaid ari hal kecil dan mulai dari sekarang. (thx to Her Riyanto for your inspiration)

Bahiyatul Musfaidah
a.k.a Vaydha Ashdhifa
SMAN 1 Bobotsari
XI A 2

*) gambar diunduh dari google.com

Categories:

Leave a Reply